4 Cara Membuka Kunci Perangkat Android yang Lupa Kata Sandi, PIN, atau Pola tanpa Menghilangkan Data Anda

cara membuka kunci perangkat android yang lupa kata sandi, pola, atau PIN tanpa reset

Pada kesempatan yang baik kali ini, D5 akan menjelaskan tentang cara membuka kunci perangkat Android yang lupa kata sandi, pola, atau PIN tanpa reset dengan beberapa metode berbeda. Jika, sebelumnya kamu entah bagaimana bisa lupa kata sandi, PIN, atau pola yang menyebabkan perangkat kamu terkunci. Sebenarnya, metode keamanan seperti ini sangat bagus karena sulit diretas orang lain. tapi dalam banyak kasus, metode ini meninggalkan masalah yang besar bagi pemiliknya jika lupa sandi keamanan.


Sebagai pengguna ponsel cerdas Android, tentunya semua orang ingin melindungi semua data di perangkat mereka dan mencegah orang yang tidak berkepentingan menggunakannya. Salah satunya dengan menerapkan metode kunci layar ponsel, hal ini menguntungkan bagi sang pemilik karena hanya dia yang dapat mengaksesnya. Sayangnya, ini biasa berakhir dengan lupa password dan tralala... perangkatnya terkunci!

Sekarang, apa yang harus dilakukan? Secara umum, semua pengguna Android mengetahui cara membobol perangkat yang terkunci hanya dapat dilakukan dengan factory reset. Tetapi, itu berisiko dengan terhapusnya semua data di memori telepon. Lalu, bagaimana jika kamu tidak ingin kehilangan data penting itu? Apakah ada cara lain yang dapat dilakukan agar semua data telepon aman? Tenang, masih ada kok!

Ada beberapa cara berbeda untuk membuka ponsel atau tablet Android yang terkunci. tetapi, metode ini tidak sesederhana seperti yang kamu pikirkan. Jadi, ikuti petunjuk ini dengan seksama dan syarat apa saja yang diperlukan agar semuanya berjalan sesuai harapan. Berikut 3 cara yang paling efektif untuk membuka hp Android yang terkunci dengan kode pengaman tanpa menghilangkan data Anda.

Menggunakan Find My Device

Bagi sebagian besar pengguna Android, layanan built-in yang disebut "Find My Device" adalah taruhan terbaik untuk menyelamatkan ponsel atau tablet mereka. Selama kamu masih mengingat akun Gmail dan sandi di ponsel yang terkunci tersebut, kamu dapat menggunakan komputer atau perangkat apa saja untuk mengakses situs web ini. Untuk sebagian kasus, ponsel Android 8.0 oreo atau lebih tinggi metode ini tidak akan bekerja, tetapi jika kamu masih menggunakan Android 7.0 Nougat kebawah trik ini masih berfungsi dengan baik.

Langkah 1. Jalankan browser dan Kunjungi website Find My Device dari komputer Anda.

Langkah 2. Masukkan akun gmail dan sandi Anda yang diminta (Jika kamu lupa kata sandi pada akun tersebut, lakukan pemulihan terlebih dahulu sandi Anda) >> klik Next untuk melanjutkan.

Langkah 3. Pilih perangkat Android Anda di menu sebelah kiri pada dashboard Find My Device.

Langkah 4. Ketuk tombol "Lock" opsi ini berada di sebelah kiri halaman tepat dibawah nama perangkat Anda. Jika layanan mengalami kesulitan menemukan perangkat Anda, tab tombol refresh beberapa kali (Jika ponsel kamu kompatibel maka layanan ini akan membuat koneksi ke ponsel Anda) >> Kemudian Sebuah jendela baru akan terbuka.

Langkah 5. Kamu akan diminta memasukkan kata sandi baru, yang akan menggantikan (Password, pola, atau PIN) yang lupa >> Buat dua kali sandi baru yang sama untuk mengkonfirmasi >> Klik tombol Lock.

Langkah 6. Sekarang, tunggu sekitar 5 menit untuk perubahan sandi baru >> Buka ponsel Android Anda kemudian masukkan sandi baru yang telah kamu buat tadi dan beres.

Menggunakan Find My Mobile Samsung

Hal utama yang harus kamu perhatikan untuk metode yang kedua ini adalah bahwa trik ini hanya dapat bekerja atau berfungsi di ponsel Samsung dan kamu pernah mendaftar ke akun samsung (mempunyai akun Samsung). Jika, kedua faktor ini tidak kamu miliki, maka cara ini tidak akan berfungsi.

Step 1. Buka peramban apa saja melalui PC atau perangkat lainnya dan masuk ke website milik Samsung ini Find My Mobile.

Step 2. Masuk menggunakan akun Samsung yang pernah kamu daftarkan pada ponsel yang terkunci tersebut >> Masukkan alamat surel atau nomor hp dan password Anda >> Tekan Sig in.

Step 3. Ketuk "Buka Kunci" Tombol ini berada pojok paling bawah atau di panel sebelah kiri (Tampilan Desktop) >> Klik nama perangkat Samsung Galaxy Anda di pojok kiri atas.

Step 4. Klik "Buka Kunci" untuk melanjutkan >> Masukkan kembali email dan sandi akun Samsung Anda >> Kemudian klik tombol "Berikutnya" di bagian bawah layar (mungkin kamu harus menunggu selama beberapa detik sebelum perangkat mengenali perintah membuka kunci layar). Jika layar penguncian telah dibuka, kamu bisa membuat PIN baru melalui menu "Settings"

Step 5. Buka ponsel Samsung yang terkunci itu, kemudian masukkan PIN baru yang telah kamu buat barusan dan selesai.

Menggunakan Fitur Lupa Pola

Cara ini bisa kamu lakukan setelah beberapa kali upaya membuka kunci gagal, kamu akan melihat notif yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik" ketika pesan ini muncul, segera kllik tombol "Lupa Pola" pada bagian bawah layar.

Pilih opsi "Masukkan detail akun Google" (ini tergantung pada jenis perangkat yang digunakan) >> Masukkan akun gmail utama dan sandi Anda >> Google akan segera mengirim email dengan pola buka kunci >> Buka gmail kamu diperangkat lain, lalu ikuti petunjuk yang terdapat dalam pesan gmail tersebut untuk mengubah pola kunci pada ponsel kamu yang terkunci itu.

Informasi
Kadang, cara ini hanya dapat berjalan di perangkat Android 4.4 atau yang lebih rendah. Jika, kamu memakai Android 5.0 keatas, kemungkinan cara ini enggak akan berfungsi.

Menggunakan Fitur Safe Mode

Jika sebelumnya kamu menggunakan pengunci layar pihak ketiga, maka safe mode adalah cara termudah untuk mengatasinya. Sebaliknya, metode ini tidak akan berfungsi untuk pengunci layar reguler.

Untuk sebagian besar perangkat yang menjalankan Android 4.4 keatas, kamu dapat boot ke safe mode dengan menampilkannya pada menu layar ponsel. Tekan dan tahan tombol "Power" >> Ketika terdapat pesan pop-up "Apakah Anda ingin boot ke safe mode" pencet tombol "OK", Saat proses booting selesai, maka aplikasi layar kunci pihak ketiga akan dinonaktifkan sementara waktu dan kamu dapat membuka menu ponsel seperti biasa.

Dari sini, cukup hapus data dan instalasi aplikasi pihak ketiga tersebut, kemudian reboot kembali ponsel Anda untuk keluar dari safe mode. Ketika ponsel menyala, aplikasi pengunci layar yang bermasalah itu sudah hilang.

Baca Juga: 5 Cara Mudah MenonAktifkan Safe Mode di Perangkat Android

Penutup

Banyak dari pengguna yang memiliki pengalaman bahwa mereka benar-benar lupa kata sandi, pola, atau PIN di ponsel Androidnya. Tetapi, dengan mengikuti langkah-langkah diatas kalian dapat dengan mudah membuka hp android yang terkunci tanpa menghilangkan data atau reset pabrik. Jadi, manakah dari 4 metode tersebut yang cocok dengan Anda?

0 Response to "4 Cara Membuka Kunci Perangkat Android yang Lupa Kata Sandi, PIN, atau Pola tanpa Menghilangkan Data Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...