Sejarah, Evolusi, dan Perkembangan Android dari Masa ke Masa

sejarah dan evolusi android

Sejak Debut pertama kali sampai hari ini, Android telah berevolusi secara visual, konseptual maupun secara fungsional. Sistem operasi mobile ini berkembang pesat dari waktu ke waktu, dan sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan kita. Setelah 11 tahun berlalu sejak diluncurkan pada September 2008 hingga detik ini, Android sudah beberapa kali melakukan pembaruan sistem perangkat mereka.

Bagi yang penasaran nama OS apa saja yang pernah digunakan sejak lahir sampai saat ini, berikut flashback singkat tentang sorotan versi Android dari awal kemunculannya sampai yang terbaru.

Android 1.0

Ini adalah versi komersial pertama untuk debut publik resmi pada tahun 2008 dengan Android 1.0, dan ia belum memiliki nama kode unik. Dengan versi pertama, Android membenamkan fitur-fitur seperti browser internet, sinkronisasi Gmail, YouTube, kamera, Maps, dan Kalender yang semuanya terintegrasi ke dalam sistem operasi dengan baik. Kemudian pada 9 Februari 2009, Android 1.1 diluncurkan dengan membawa fitur yang diperbarui dan beberapa perbaikan bug.

1.5 Cupcake

Dengan dirilisnya Android 1.5 pada April 2009, barulah tradisi nama versi Android lahir. Cupcake membawa banyak penyempurnaan khususnya pada desain antarmuka, termasuk keyboard di layar, serta lebih fokus pada memperbaiki bug. Selain itu, Cupcake juga menghadirkan widget aplikasi pihak ketiga yang dapat ditampilkan di beranda depan layar.

1.6 Donut

Di tahun yang sama tepatnya 15 September 2009, Android merilis versi terbaru yang diberi nama Donut. Versi ini memperbaiki beberapa bug di pusat Android, termasuk kemampuan untuk beroperasi pada berbagai ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Bahkan ia juga menambahkan dukungan untuk jaringan CDMA.

2.0 Eclair

Android 2.0 Eclair muncul hanya enam pekan setelah versi Donut. Pembaruan ini membawa elemen yang paling transformatif dengan penambahan navigasi yang dipandu suara dan info trafik. Disamping itu, Eclair membawa wallpaper bergerak dan memungkinkan pelanggan untuk melihat pesan lama, pesan MMS, dan respons mengetik menjadi lebih cepat.

2.2 Froyo

Froyo hadir 4 bulan setelah Eclair 2.1 tiba, pembaruan ini sebagian besar berkisar pada peningkatan kinerja perangkat. Froyo memberikan beberapa fitur penting, termasuk penambahan dock standar di bagian bawah layar beranda, serta inkarnasi pertama dari perintah suara.

2.3 Gingerbread

Gingerbread diluncurkan pada bulan Desember 2010, dengan UI baru yang lebih berfokus pada kecepatan dan kenyamanan. Gingerbread hadir dengan warna hijau terang yang memulai langkahnya menuju desain yang khas, dan itu menjadi bagian integral dari penampilan sistem operasi.

3.0 Honeycomb

Google meluncurkan pembaruan perangkat pertama yang berorientasi atau berpusat pada tablet. Honeycomb lahir pada 22 Februari 2011 dan ini adalah versi yang menggunakan konsep antarmuka khusus tablet. Honeycomb adalah Android pertama yang menggunakan tombol di layar untuk perintah navigasi utama, dan itu menandai berakhirnya apa yang dikenal dengan menu overflow.

4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)

Ice Cream Sandwich juga tiba pada tahun 2011, ini berfungsi sebagai entri resmi platform ke era desain modern. ICS menyempurnakan konsep visual yang diperkenalkan dengan Honeycomb serta menyatukan kembali ponsel dan tablet dengan satu visi UI tunggal. ICS membawa kerangka desain standar yang dikenal sebagai Holo yang dibawa ke dalam seluruh ekosistem aplikasi Android.

4.1 Jelly Bean

Alasan utama pembaruan ini adalah untuk meningkatkan UI baik dalam fitur maupun kinerja. Pada 9 Juli 2012 Android Jelly Bean terungkap, mengambil fondasi dari ICS dan membuat langkah-langkah berkelanjutan dalam membangun fine-tuning. Secara umum, Jelly Bean menghadirkan sistem yang sangat hyped untuk menempatkan widget di layar utama Android dan fitur ini telah digunakan selama bertahun-tahun.

4.4 KitKat

Dengan Kitkat, OS ini sukses menempatkan mereka di kursi kemudi dan membuat mereka meraih jutaan pelanggan baru. Rilis akhir 2013, Kitkat membawa perubahan pada Latar belakang yang lebih terang dan mengambil sorotan yang lebih netral. Dengan status bar yang lebih transparan, menghadirkan penampilan yang jauh lebih kontemporer dari OS sebelumnya.

5.0 Lollipop

Google pada dasarnya menciptakan konsep baru dengan menghadirkan pembaruan di Android Lollipop, dan secara resmi diluncurkan pada 12 November 2014. Lollipop membawa antarmuka dengan tema minimalis dan standar desain material yang masih ada sampai sekarang, plus menghadirkan tampilan baru yang meluas ke seluruh ekosistem Android.

6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow secara resmi diluncurkan pada Mei 2015 dan baru tersedia untuk berbagai perangkat pada Oktober 2015. Unsur yang paling menarik dari pembaruan ini adalah fitur pencarian kontekstual yang disebut "Now On Tap" dengan bantuan riwayat pencarian untuk membuat mereka lebih bermanfaat. Selain itu, ia juga memiliki pembaruan manajemen baterai yang luar biasa dan peningkatan teknik membuka kunci sidik jari.

7.0 Nougat

Secara resmi, Nougat rilis pada bulan Agustus 2016. Perbedaan utama antara Nougat dan Marshmallow terlihat sangat minim, namun di Nougat memiliki mode layar terpisah dari sistem bundle-by-app untuk mengatur notifikasi dan fitur penghemat data, serta beberapa fitur kecil yang tidak terlalu signifikan seperti pintas Alt-Tab untuk memotret antar aplikasi. Tetapi, yang paling penting dari peluncuran Nougat adalah hadirnya fitur "Google Assistant" yang datang bersamaan dengan pengumuman peluncuran pertama ponsel buatan Google sendiri yaitu "Pixel".

8.0 Oreo

Berselang setengah satu tahun kemudian tepatnya maret 2017, Android meluncurkan kembali pembaruan OS mereka yang diberi nama Oreo. Di versi ini Android menyertakan beberapa elemen penting untuk penyelarasan dengan Chrome OS yang bertujuan meningkatkan pengalaman menggunakan aplikasi Chromebook, dan itu adalah versi Android pertama yang menampilkan Project Treble. Plus, opsi tunda dan saluran notifikasi yang menawarkan kontrol penuh atas aplikasi.

9.0 Pie

Pie adalah versi terbaru dari sistem operasi seluler Android yang dirilis pada awal Agustus 2018. Versi ini berfokus pada efisiensi dan peningkatan kinerja perangkat. Namun perubahan paling transformatif dari Pie adalah sistem navigasi yang baru, tombol Kembali dan tombol home multifungsi, tinjauan Android tradisional, dan serangkaian perintah berbasis gerakan. Plus, peningkatan privasi dan keamanan yang signifikan.
Lihat Juga: 5 Developer Game Seluler Terbaik Android yang Wajib Kamu Ketahui

Kata Akhir

Sejak terlahir 11 tahun silam, Android terus berevolusi dan telah menjadi sistem operasi seluler modern yang selalu dinanti akan pembaruan perangkat dan fitur-fitur terbarunya.

0 Response to "Sejarah, Evolusi, dan Perkembangan Android dari Masa ke Masa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel