2 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri Android

cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri pada memory internal Android dan Aplikasi Android mana saja yang mampu berfungsi dengan baik untuk memulihkan foto-foto yang terhapus itu.


Jika sebelumnya kamu pernah mengalami kehilangan foto yang berharga di galeri telepon Anda. Baik itu karena kesengajaan, kelalaian, atau hal buruk yang menyebabkan kamu melakukan pengaturan ulang ponsel. Bahkan, kamu belum sempat membackup semua data telepon, dan pada akhirnya kamu kehilangan semuanya. Nah, sekarang kamu bingung kan? mau mengembalikannya, karena belum tau caranya!

Saya yakin, bahwa berbagai macam perasaan kini telah menggelayuti benak Anda. Panik, kesal, atau setengah pasrah. Yaaah, foto-foto kenangan ku kini lenyap sudah... Stop! Semuanya belum final. Kamu masih bisa memulihkannya, karena gambar yang terhapus itu tidak benar-benar hilang sama sekali. Tapi, kamu harus bertindak cepat jika ingin mendapatkannya kembali.

Jika kamu search di Google dan menemukan artikel ini, maka Anda berada dijalur yang tepat karena saya akan menunjukkan betapa mudahnya mengembalikan foto yang terhapus di Android itu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih maju. Semoga ini adalah solusi yang cocok untuk Anda.

Dari banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store, hanya ada beberapa diantaranya yang tampil profesional dan mudah dijalankan. Jadi, program mana saja yang mampu tampil prima dan layak untuk digunakan sebagai alat pemulihan foto di Android yang kuat dan bisa menjadi referensi Anda. Mari kita melangkah lebih jauh.
Intip Juga: Cara Mengembalikan Kontak dan SMS yang Terhapus di Ponsel Android dengan Mudah

Syarat dan Kebijakan Penggunaan

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan pahami sebelum melakukan praktek ini. Syarat dan kebijakan ini tidak bersifat mutlak, tetapi wajib untuk direalisasikan jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Perangkat yang di root tidak wajib,tetapi pencarian gambar dari cache thumbnail terbatas. Sedangkan untuk opsi pencarian yang lebih dalam dan pemulihan foto dalam versi asli atau resolusi penuh berkinerja lebih baik pada ponsel yang telah di root.
  • Ponsel yang telah di upgrade ke versi terbaru tidak akan berfungsi, karena semua cache gambar telah tertimpa data pembaruan.
  • Tanpa membutuhkan akses internet untuk menggunakan aplikasi ini.
  • Dapat melindungi privasi Anda dengan pembatasan akses menggunakan kunci layar khusus.
  • Memungkinkan kamu memulihkan foto baik dari memori telepon atau kartu SD.
  • Terintegrasi dengan berbagai layanan penyimpanan online seperti Google drive, Google Foto, Dropbox, dan OneDrive.

Setelah kamu mengetahui syarat dan ketentuan penggunaan di atas, mari kita melompat ke tahap pemulihan gambar yang hilang itu.

DiskDigger photo recovery

diskdigger photo recovery

Pada metode pertama ini kamu dapat menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga yang bernama DiskDigger. Ia mampu membatalkan penghapusan dan memulihkan foto yang terhapus di memori internal ataupun eksternal. Bahkan memungkinkan untuk mengunggah file yang sudah dipulihkan ke Google Drive, Dropbox, mengirimnya melalui email, atau menyimpannya langsung ke folder lokal yang berada di perangkat Anda.

Untuk ponsel yang tidak di root, DiskDigger akan melakukan pemindaian terbatas. Sedangkan untuk perangkat rooting, aplikasi ini akan mencari setiap jejak thumbnail gambar di telepon Anda. Selain foto, DiskDigger juga mampu memulihkan file lainnya seperti Mp4, Mp3, WAP, Zip, RAR, APK, dan banyak lagi.

Cara Menggunakan DiskDigger

Pertama: Buka DiskDigger >> Pilih opsi "Start basic photo scan (Non Root)" atau "Full scan (Root Only)" >> Untuk pengguna root, kamu dapat memilih Full Scan >> Pilih memori telepon atau kartu SD yang ingin dipindai >> Centang format JPG dan PNG (karena disini kita akan memulihkan gambar) >> Kemudian tekan OK.

ss diskdigger 01

Kedua: Tunggu sampai proses scanning selesai (Lamanya durasi pemindaian tergantung dari data memori telepon atau kartu SD Anda) >> Jika sudah selesai, silakan pilih foto mana saja yang ingin di ambil kembali (Select All untuk mencentang semuanya) >> Setelah itu klik Recovery >> Pilih lokasi penyimpanan (Save the files to a custom location) atau ikon folder.

ss diskdigger 02

Ketiga: Tab Select Storage >> Pilih tempat dan folder penyimpanan di Perangkat Anda >> Ketuk OK dan beres.

ss diskdigger 03

informasi
  • DiskDigger mungkin tidak dapat menemukan semua foto yang dihapus, karena file sudah rusak atau telah tertimpa data baru.
  • Download DiskDigger Pro untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dumpster Recycle Bin

dumpster recycle bin

Dumpster Recycle Bin adalah salah satu program teratas dalam masalah memulihkan gambar yang terhapus di Android. Aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang simple dan tata letak yang intuitif. Sama halnya dengan DiskDigger, Dumpster juga sangat mudah digunakan. Bahkan ia juga dapat berfungsi dengan sempurna dengan perangkat non-root sekalipun. Tetapi dengan jelajah terbatas.

Selain dapat mengembalikan foto yang terhapus, Dumpster Recycle Bin juga memiliki fitur yang komplit termasuk pencarian cepat berkas, mendukung berbagai jenis format file (pdf, doc, txt), Video (mp4, avi, 3gp), Musik (mp3) dan lainnya, tersedia pembersihan otomatis, dan penyimpanan cloud, kemampuan pengunci layar dan dapat menyesuaikan desain tema (fitur premium). Bahkan ia mendukung berbagai pilihan bahasa.

Cara Menggunakan Dumpster

Pertama: Buka Dumpster >> Ketuk Setuju >> Kemudian klik mulai dengan fitur dasar atau kamu juga bisa mencoba trial 7 hari (nyalakan internet Anda).

ss dumpster 01

Kedua: Setelah berada di dashboard Dumpster, Tap tiga garis di pojok kiri atas untuk menampilkan opsi menu >> Ketuk Pemulihan tingkat tinggi >> Tunggu hingga proses pemindaian selesai >> Pilih gambar yang ingin diambil kembali dengan cara menekan dan tahan beberapa detik agar menampilkan menu ceklis >> Tab tiga titik di pojok kanan atas >> Pilih opsi Pemulihan ke galeri dan selesai.

ss dumpster 02

informasi
Setelah proses pemulihan sudah selesai, kamu dapat menghapus cache thumbnail yang tidak dibutuhkan lagi secara permanen dengan menekan fitur "Pembersihan Otomatis" atau penghapusan satu-persatu secara manual.

Backup Foto dan Data Lainnya

Jika tidak ingin kehilangan foto-foto penting dan berharga ini lagi dimasa mendatang, sebaiknya kamu melakukan pencegahan dini dengan cara membackup semuanya ke media penyimpanan online secara teratur. Karena kita semua tahu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Banyak penyedia layanan cloud gratis yang tersedia saat ini dengan menawarkan ruang penyimpanan cukup besar sampai tanpa batas, plus mudah dikelola. Jadi, dengan menyimpannya di suatu tempat, kamu memiliki paket cadangan reguler atau salinan data. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan risiko kehilangan gambar atau berkas lainnya.

mengupload berkas ke penyimpanan online adalah cara aman dan mudah untuk mencadangkan semua foto Anda. Ada beberapa file hosting gratis dengan kemampuan terbaik yang dapat kamu gunakan diantaranya Google Foto yang memberikan bandwidth tak batas, Flickr memberi ruang penyimpanan hingga 1TB, dan di OneDrive kamu dapat mengunggah gambar dalam resolusi penuh.
Simak Juga: Cara Backup semua data Android dengan 3 Metode Berbeda

Penutup

Dengan bantuan aplikasi DiskDigger dan Dumpster, kamu dapat menemukan kembali foto-foto tersebut, Bahkan kamu juga bisa mengembalikan video dan file lainnya yang terhapus di android. Tetapi, dengan catatan semua cache gambar yang hilang itu belum di timpa data baru.

Intinya, untuk melakukan cara terbaik adalah dengan perangkat yang sudah di-rooting. Tapi, bukan berarti ponsel non-root tak dapat melakukannya, hanya saja hasilnya terbatas dan kurang maksimal.

0 Response to "2 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...