IBX5980432E7F390 4 Cara Unroot pada Semua Tipe Android - Dedi Five

4 Cara Unroot pada Semua Tipe Android

cara unroot semua tipe android
Cara Unroot Semua Tipe Android

Cara unroot di semua perangkat Android pada prosesnya tidaklah rumit, ini mungkin sama mudahnya ketika kamu melakukan rooting. Banyak hal yang mendasari ketika seseorang ingin kembali menggunakan ponsel mereka secara standar, kemudian ingin membasmi semua perangkat akar di smartphone Android-nya.

Faktor utama yang mendasari ketika pengguna berniat membatalkan root adalah alasan keamanan. Memang benar sih, ponsel yang diroot itu membuka gerbang ke dalam perangkat sistem sehingga berpotensi membahayakan ponsel mereka, dan mengutak atik handset dapat membatalkan garansi, yang mengakibatkan situasi yang tidak menguntungkan bagi si pemakai.

Apapun alasannya, ketika kamu ingin keluar dari ekosistem Android terbesar ini, dan ingin kembali melanjutkan hidup secara normal. Sepertinya kamu sudah berada pada jalur yang benar, karena disini Saya akan mengulas bagaimana caranya unroot hp yang sudah di root tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

4 Metode Unroot pada Semua Perangkat Android

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi perangkat akar (Root) pada smartphone Android, walaupun kamu menggunakan tipe Android yang berbeda-beda, tetapi pada prakteknya semua cara unroot ini memiliki proses yang sama. Jadi, apa saja metode itu? mari kita memulai dengan langkah yang paling mudah lebih dulu.

Cara Unroot Menggunakan SuperUser

Setiap ponsel Android yang sudah di root pastinya telah terpasang aplikasi SuperUser atau SuperSu. Di app ini, pengguna diberi kontrol penuh terhadap aplikasi mana saja yang memerlukan akses root, selain itu SuperSu dibekali juga fitur Unroot. Sehingga dengan begitu, kamu dapat membatalkan root kapan saja, jika kamu tidak membutuhkannya lagi.

Langkah Pertama: Buka aplikasi SuperSu >> Tab pengaturan >> Gulir kebawah sampai menemukan fitur Unroot penuh.

cara unroot dengan superuser 01

Langkah Kedua: Setelah kamu mengetuk Unroot penuh, kamu akan mendapati pesan seperti dibawah ini.

cara unroot dengan supersu 02

Langkah Ketiga: Klik lanjutkan (Tunggu sampai proses pencopotan root selesai) >> Kemudian Reboot ulang perangkat kamu.

Sangat mudah bukan? tetapi untuk sebagian tipe Android, mungkin metode seperti ini tidak berfungsi dengan baik. Kalau demikian, kamu harus mencoba dengan cara yang lain.

Cara Unroot Menggunakan File Manager

Untuk cara yang kedua ini, kamu bisa menggunakan file manager, Disini Saya merekomendasikan memakai Es File Explorer. Jika, kamu belum memiliki aplikasi tersebut, silakan download di Play Store.

Langkah Pertama: Langkah ini sebenarnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menjalankan Es File Explorer >> Cari folder Sistem >> Gulir kebawah sampai menemukan folder xbin >> Cari file "busybox" dan file "su" >> Setelah ketemu tekan dan tahan sebentar (Ini secara otomatis akan tercentang) >> Klik icon tong sampah dipojok atas untuk menghapus file tersebut.

cara unroot dengan es file explorer 01

Langkah Kedua: Kembali ke folder Sistem >> Pilih app >> Cari dan hapus "Superuser apk".

cara unroot dengan es file explorer 02

Langkah Ketiga: Setelah ketiga file tersebut sudah dihapus, Restart ulang perangkat kamu dan semuanya akan selesai.

Cara Unroot dengan pembaruan OTA

Ini adalah cara unroot yang sepertinya agak sedikit sulit dilakukan karena kamu harus menunggu pembaruan perangkat otomatis secara online melalui OTA (over the air). Khusus untuk Android keluaran lebih lama mungkin sudah tidak ada lagi pembaruan perangkat. Sedangkan untuk Android Marshmallow keatas cara ini masih bisa dilakukan. Biasanya jika ada pembaruan perangkat, kamu akan menerima notifikasi bahwa upadate tersedia dan kamu hanya perlu mengkliknya untuk memulai. Tetapi jika tidak ada pembaruan, kamu bisa mengeceknya secara manual melalui Pengaturan >> Tentang Perangkat >> Pembaruan Perangkat Lunak >> Periksa Update (Ini bervariasi tergantung jenis ponsel yang kamu gunakan, tetapi pada umumnya area ini hampir sama).

Catatan
--> Backup semua data yang ada di memori internal dan sediakan ruang penyimpanan kosong setidaknya mininal 2 GB.
--> Gunakan jaringan Wi-Fi atau jika menggunakan data seluler usahakan koneksi stabil pada jaringan 3G atau 4G.
--> Sediakan paket data minimal 2 GB atau lebih.
--> Usahakan daya baterai perangkat minimal 70% atau lebih.
--> Upgrade perangkat dengan cara ini biasanya memerlukan waktu setengah jam lebih dan ini paling berisiko mengalami kegagalan, karena memerlukan koneksi internet yang stabil.

Cara Unroot Lewat PC

Mengembalikan ponsel ke stock ROM atau Flash ulang perangkat adalah cara terbaik untuk menyingkirkan root dari ponsel. Jika kamu ingin melakukannya dengan metode ini, kamu perlu menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan seperti kabel USB, software Odin, Stok Firmware (Semua firmware ini berbeda-beda tergantung tipe Android yang kamu gunakan), dan USB Drive dan Kies (Untuk pengguna Samsung).

Langkah Pertama: Matikan ponsel kamu >> Masuk download mode dengan menekan tombol Home + Volume turun + Power secara bersamaan >> Tekan tombol volume naik untuk melanjutkan.

Langkah Kedua: Colok kabel USB ke PC dan ponsel untuk menghubungkan perangkat.

Langkah Ketiga: Instalasi Kies dan USB Drive (Jangan ditutup biarkan berjalan di latar belakang).

Langkah Keempat: Buka software Odin (Jika terhubung dengan benar, maka Odin akan mendeteksi perangkat dengan menampilkan warna kuning atau biru) >> Centang Reboot otomatis.

Langkah Kelima: Pilih tombol AP atau PDA browse file >> Cari file stok firmware.

Langkah Keenam: Ketuk Start dan silakan tunggu sampai proses selesai (Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul tulisan PASS kemudian ponsel kamu akan reboot secara otomatis).

Catatan
  • Backup seluruh data kamu.
  • Aktifkan mode pengembang melalui Pengaturan >> Tentang ponsel >> Build nomor >> Klik sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode pengembang.
  • Aktifkan OEM lock dan USB Debugging.
  • Pastikan kamu tidak mengaktifkan perlindungan penyetelan ulang pabrik pada Akun Google Anda. Jika tidak, perangkat kamu tidak akan bisa booting lagi.
  • Pastikan ponsel kamu memiliki daya baterai setidaknya 70 persen.

Baca Juga: Cara Blokir Nomor HP di Android

Kesimpulan

Dengan 4 metode di atas, kamu dapat menyingkarkan root dari ponsel Android kamu. tetapi ingatlah semua cara tersebut ada kelebihan dan kekurangannya. jadi, cobalah salah satunya sesuai potensi yang kamu miliki. Jika, ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau saran lain silakan berkomentar di bawah ini.

0 Komentar Untuk "4 Cara Unroot pada Semua Tipe Android"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan topik yang di bahas