8 Sistem Operasi Mobile yang Pernah diProduksi

sistem operasi handphone terbaik

Sejak dulu sampai kini, telepon seluler terus berkembang. Dari hanya sekedar untuk panggilan telepon dan SMS, sekarang berubah menjadi perangkat multi fungsi. Yup, ponsel cerdas sudah menjadi barang kebutuhan oleh hampir semua orang di dunia.

Daftar isi

Jika sekarang Anda sedang mencari tentang sistem operasi handphone terbaik? Sistem operasi smartphone paling sering digunakan? Sistem operasi mobile yang pernah ada? Macam macam sistem operasi hp tercanggih? dan sebagainya. So, teruslah menyimak artikel ini untuk mengobati rasa penasaran Anda.

Teknologi modern juga merambah dunia telepon genggam. Hal ini mengubah ponsel-ponsel itu menjadi apa yang dikatakan orang-orang sekarang yaitu smartphone. Ponsel cerdas ini hampir setara dengan perangkat komputer, yang dapat memberi Anda akses ke berbagai layanan multi media seperti: bermain game, memutar musik, m3n0nt0n video, mengirim email dan banyak lagi.

Tahukah Anda? sebelum era Android dimulai, ada beberapa operating system (OS) yang lebih dulu hadir diranah telepon genggam. Entah itu yang pernah berjaya dimasanya atau hanya sekedar numpang lewat alias kurang populer. Inilah daftar sistem operasi mobile yang pernah diproduksi itu.

Series 40 (S40)

Pada awal kemunculannya pada tahun 1999 series 40 OS, hadir pada ponsel Nokia 7110 yang diperuntukkan untuk konsumen kelas menengah kebawah. S40 memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi berbasis java. Beberapa model ponsel seperti seri Asha, X2 dan X3, C2, 309, 310, 5310 XpressMusic adalah deretan ponsel populer yang mereka miliki. Dibandingkan smartphone masa kini, S40 tidak dapat memberikan kemampuan mumpuni seperti multitasking, game HD, video HD, dan banyak lagi. Tetapi ada satu kelebihan dari sistem operasi ini, yaitu kemampuan daya tahan baterai yang lebih lama yang tidak dimiliki ponsel-ponsel cerdas sampai sekarang.

Symbian

Nokia identik dengan Symbian dan Symbian adalah Nokia. Mungkin itulah ungkapan yang pas untuk sistem operasi yang satu ini. Psion adalah perusuhaan pertama yang mengembangkan Symbian, Kemudian mereka bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar pembuat telepon genggam seperti: Nokia, Ericsson dan Motorola. Setelah diambil alih Nokia, Symbian menjelma menjadi sistem operasi paling populer sejagat kala itu. Ini terbukti dengan laris manisnya produk ponsel mereka dipasaran, seperti N series, N-gage, 6600, dan banyak lagi. Symbian dirancang untuk bekerja dengan maksimal di perangkat baterai berdaya rendah dan dibuat dalam bahasa komputer C++. Symbian OS adalah pelopor sistem operasi seluler pertama yang berbasis open source.

Blackberry

Sistem operasi Blackberry dibuat dan dikembangkan oleh Blackberry Ltd. Model pertama yang mereka luncurkan adalah Blackberry 850 yang fleksibel dengan tombol trackball. Blackberry berbasis sumber tertutup dan merupakan ponsel bisnis terbaik. Ini mencakup sebagian besar aplikasi bisnis penting, aplikasi email-klien dan menyediakan semua kontrol yang diperlukan oleh organisasi perusahaan IT untuk setiap bisnis agar berjalan dengan aman. Blackberry juga menyediakan manajemen perangkat seluler melalui kontrol pemberitahuan Over The Air (OTA). Sebab itulah, Blackberry dikatakan ponsel dengan tingkat keamanan paling tinggi dikelas smartphone.

Meego

Meego adalah sistem operasi perangkat lunak open source hasil kolaborasi antara Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel). OS ini berbasis Linux untuk perangkat ponsel dan tablet, serta dapat bekerja pada berbagai platform perangkat keras yang mendukung prosesor Intel dan ARM. Sistem operasi ini kurang mendapat sambutan hangat dipasar smartphone, oleh karena itu Nokia menghentikan proyek pengembangan Meego pada tahun 2011. Mereka sempat menghadirkan beberapa model ponsel seperti Nokia 770, N800, N810, N900 dan lainnya.
Baca Juga: 7 Aplikasi Open Source Desktop yang Kini Hadir di Android

Bada

Disamping Android, Samsung juga pernah menghadirkan sistem operasi hasil buatan mereka sendiri yaitu Bada. OS ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dengan model ponsel Samsung Wive. Diperangkat ini Samsung memfasilitasi UI yang disempurnakan dengan kontrol multi-window dan memberikan kemampuan multitasking yang baik untuk kepuasan pengguna. Sayangnya, Samsung harus menghentikan pengembangan proyek ini pada tahun 2012 karena kalah bersaing dengan Android dipasar smartphone.

Windows

Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia smartphone, Microsoft yang dikenal sebagai pembuat perangkat lunak sistem komputer paling populer ini juga tidak mau ketinggalan dalam pembuatan sistem operasi mobile. Dengan diakuisinya Nokia pada tahun 2012 silam, itu berarti mereka benar-benar serius untuk menggeluti bisnis ini. Sama dengan PC, Program perangkat lunak seluler mereka juga bernama Windows. Pada ponsel Microsoft ini, mereka menghadirkan antarmuka yang unik (GUI) yang disebut sebagai antarmuka berbasis ubin. Ini membuatnya lebih bergaya dibandingkan dengan para pesaingnya. Bahkan memiliki desain fungsional yang lebih bagus, sehingga membuat pengguna merasa lebih ringkas dalam mengoperasikannya. Beberapa ponsel terlaris mereka diantaranya: Lumia 520, 630, 730, 535, 540 dual SIM, 640 XL LTE, dan banyak lagi.

IOS

Sejak diluncurkan pada tahun 2007, iOS menjelma menjadi sistem operasi perangkat mobile paling laku dipasaran setelah Android. iOS dirancang dan dikembangkan oleh Apple untuk perangkat iPhone, iPad, iPod, dan berbasis Mac OS. Pihak Apple tidak melisensikan iOS untuk perangkat keras pihak ketiga, sehingga sistem operasi ini hanya tersedia di perangkat buatan mereka sendiri. Meskipun iOS bukan yang terbaik dalam segala hal, tetapi ia menawarkan paket seluler terbaik, seperti kamera dengan rekaman gerak lambat hingga 60 frame/detik dan spesifikasi teknologi produksi musik terbaik. iOS menghadirkan kelas premium untuk konsumen menengah keatas, itulah mengapa mereka mengutamakan qualitas terbaik untuk tetap dapat bersaing dengan Android dipasar global.

Android

Siapa yang tidak kenal Android, ini adalah sistem operasi seluler berbasis Linux yang menjadi raja di kelas smartphone. Sejak dirilis tahun 2008 silam dengan nama Astro, Android menjelma menjadi pigur utama dalam jagat ponsel cerdas. Berkat campur tangan Google, perangkat ini jauh meninggalkan lawan-lawannya dalam memikat hati konsumen. Android adalah sistem operasi open source yang memungkinkan pengembang dan pengguna untuk melakukan apa yang mereka inginkan secara kreatif. Ada jutaan aplikasi yang yang tersedia dalam toko online Play Store, ini termasuk aplikasi gratis dan berbayar. Kesuksesan Android tidak lepas dari peran serta vendor-vendor ternama yang membenamkan OS ini kedalam produk mereka, seperti Samsung, Sony, LG, HTC,Lenovo, Motorola dan lainnya. Itulah mengapa, Android menjadi No.1 dalam daftar sistem operasi terbaik untuk ponsel.

Kata Akhir

Ada beberapa OS baru yang siap diluncurkan, dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Mereka diantaranya: FireFox OS, Amazon Fire OS, Sailfish OS, Ubuntu, Open Web OS, dan Samsung Tizen. Mungkin dimasa depan, mereka bisa menjadi penantang serius dipasar smartphone atau akan bernasib sama seperti OS-OS terdahulu, tenggelam dalam persaingan global. dan Ini adalah suatu hal yang ingin kita nantikan.

Itulah 8 Sistem operasi mobile yang pernah ada, dan mungkin diantara mereka pernah menghiasi hari-hari mu. tempat mencurahkan segala perasaan dan mengusir rasa sepi.

0 Response to "8 Sistem Operasi Mobile yang Pernah diProduksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel