IBX5980432E7F390 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android - Dedi Five

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware)
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Cara menghapus aplikasi bawaan di perangkat Android dengan 2 metode, yaitu dengan root dan tanpa root. Terkadang para pengguna ingin menyingkirkan aplikasi bawaan yang tidak berguna dan tidak terpakai itu. Jika kebetulan Anda juga berniat ingin menghapusnya, tetapi belum tau caranya, Anda dapat mengikuti panduan ini.

Bloatware atau aplikasi bawaan pabrik tidak semuanya berguna. Dan cenderung memakan ruang penyimpanan dari sumber daya telepon. Dengan menghapus aplikasi tersebut, setidaknya Anda dapat membebaskan sedikit ruang penyimpanan memori telepon dan meningkatkan performa ponsel Anda. Dengan tips ini Anda dapat menghapus, menonaktifkan, atau setidaknya menyembunyikannya dari layar ponsel Anda.

Baca Juga: Tips Memulihkan Pesan SMS dan Kontak yang Terhapus di Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Sebenarnya ketika Anda ingin menyingkirkan aplikasi bawaan itu dari perangkat Anda, ada 2 opsi pilihan yaitu: menonaktfkan dan menghapusnya. Dimana kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Menonaktifkan, itu berarti Anda hanya menyembunyikan dari menu telepon, dan sewaktu-waktu Anda dapat mengaktifkannya kembali. Sedangkan menghapus instalasi bloatware adalah penghapusan secara penuh pada sistem perangkat. Tetapi ini berisiko karena dapat menyebabkan masalah lebih lanjut di ponsel Anda, jika beberapa dari aplikasi tersebut diperlukan oleh sistem perangkat.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan tanpa Root

Ini adalah cara mudah untuk menyembunyikan aplikasi bawaan yang tidak Anda inginkan. Menonaktifkan bloatware jauh lebih bebas risiko. Walaupun tidak seefektif ketika kita menghapusnya. Paling tidak ini dapat menghemat pemakaian RAM ponsel Anda.

Buka Pengaturan >> Aplikasi >> Geser ke Semua (disini akan terlihat semua menu aplikasi telepon Anda) >> Pilih aplikasi bawaan yang mau dinonaktifkan >> Tap "Disable / Nonaktifkan".
Aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan berjalan di latar belakang dan tidak akan menerima pembaruan apa pun, sehingga tidak menguras RAM dan baterai.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root

Menghapus aplikasi bawaan tanpa root sebenarnya agak susah untuk dilakukan. Karena akses ke sistem perangkat dibatasi oleh pabrikan. Tetapi masih ada celah untuk diterobos, yaitu dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini selain dapat menghapus file sampah, juga berfungsi untuk uninstall aplikasi.

  • Jalankan CCleaner >> Ketuk Icon strip 3 garis di pojok kiri atas >> Pilih pengelola aplikasi.

    cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root
    Cara menghapus Aplikasi Bawaan tanpa Root

  • Tunggu proses scanning aplikasi selesai >> Klik sistem >> Centang aplikasi bawaan yang mau disingkirkan >> Tab pada bagian 3 titik yang mengambang >> Ketuk hapus instalasi pembaruan.

    cara menghapus bloatware tanpa root
    Cara menghapus Bloatware tanpa Root

  • Kemudian klik teruskan.

    cara menghapus aplikasi bawaan dengan ccleaner
    Cara menghapus Aplikasi Bawaan dengan CCleaner

  • Aplikasi tersebut siap untuk dihapus.

    cara menghapus bloatware dengan ccleaner
    Cara menghapus Bloatware dengan CCleaner

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan perangkat Anda sudah dalam status Rooting dan terpasang aplikasi Root Explorer.

  • Buka aplikasi Root Explorer.
  • Rubah mounted as R/W menjadi R/O.

    cara menghapus aplikasi bawaan dengan root explorer
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Root Explorer

  • Gulir kebawah dan ketuk System >> App >> Pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus >> Tekan dan tahan beberapa detik sampai muncul icon tong sampah di pojok atas >> Silakan hapus aplikasi tersebut.

    cara menghapus bloatware dengan root explorer
    Cara Menghapus Bloatware dengan Root Explorer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Link2SD

Sama halnya dengan root explorer, menghapus bloatware menggunakan cara ini juga harus mendapatkan akses root. Dan ponsel Anda sudah terpasang aplikasi Link2Sd, jika belum silakan mendownloadnya di Google Play Store.

  • Jalankan aplikasi Link2SD.
  • Ketuk strip 3 garis di pojok atas paling dalam untuk menentukan lokasi instalasi aplikasi.

    cara menghapus aplikasi bawaan dengan link2sd
    Cara Menghapus App Bawaan dengan Link2SD

  • Setelah ketemu, tekan dan tahan aplikasi tersebut untuk menampilkan jendela opsi >> Pilih hapus.

    cara menghapus bloatware dengan link2sd
    Cara Menghapus Bloatware dengan Link2SD

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Lucky Patcher

Untuk menerapkan metode ini, silakan install Lucky Patcher lebih dulu. Aplikasi ini juga membutuhkan akses root agar dapat berjalan di perangkat Anda. Jika 2 syarat tersebut sudah Anda penuhi, mari kita merujuk ketahap penghapusan bloatware menggunakan lucky patcher.

  • Buka aplikasi lucky patcher >> Tunggu sampai proses scaning aplikasi selesai >> Tekan menu search di bagian bawah lucky patcher >> Pilih Filters di pojok kanan atas >> Pilih system apps >> Klik Apply >> Silakan Anda cari aplikasi bawaan yang ingin dihapus.

    cara menghapus aplikasi bawaan dengan lucky patcher
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Lucky Patcher

  • Ketuk Aplikasi tersebut >> Kemudian klik Uninstall App.

    cara menghapus bloatware dengan lucky patcher
    Cara Menghapus Bloatware dengan Lucky Patcher

  • Selesai.

Warning!
Harap berhati-hati dalam menentukan bloatware mana saja yang ingin di uninstall. Jangan sampai terhapus aplikasi sistem seperti kontak, pesan, galeri, jam, kalender dan lainnya. Karena ini dapat mengakibatkan aplikasi berhenti bekerja, sistem crash dan error sampai bootloop.

Baca Juga: 5 Cara Mematikan Safe Mode di Android

Kesimpulan

Langkah-langkah diatas adalah cara terbaik untuk menonaktifkan dan menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai / tidak berguna. Anda bisa melakukan dengan cara tanpa root melalui aplikasi CCleaner, dan dengan akses root menggunakan aplikasi Root Explorer, Link2SD dan Lucky Patcher.

Jadi, itulah 2 metode tentang cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root dan dengan root. Apakah Anda punya pertanyaan atau saran lain? Silakan berbagi dengan kami di komentar di bawah ini.

0 Komentar Untuk "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan topik yang di bahas