IBX5980432E7F390 Tips Mendeteksi dan Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android - Dedi Five

Tips Mendeteksi dan Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android

tips mendeteksi dan menghindari aplikasi berbahaya di android
Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android

Mendeteksi akan potensi aplikasi yang berbahaya sangat membantu Anda untuk menghindari ancaman malware dan kehilangan data pribadi Anda. Terkadang untuk mendownload aplikasi di toko online pihak ketiga untuk mendapatkan akses ke aplikasi yang tidak ada di play store serta mendapatkan aplikasi berbayar secara gratis, Anda harus memilah-milah terlebih dulu untuk menghindari godaan aplikasi berbahaya.

Aplikasi di Google Play Store juga tidak sepenuhnya aman. Meskipun Google bekerja keras untuk menjauhkan aplikasi berbahaya itu dari toko mereka, Anda juga harus mengambil tindakan pencegahan. Beberapa aplikasi itu dapat meminta izin untuk mengakses data pribadi Anda dan melempar iklan untuk melacak Anda, serta berpotensi mengancam kelangsungan hidup perangkat Android Anda.

Berikut tips mendeteksi dan menghindari aplikasi yang berpotensi berbahaya atau cara menonaktifkan aplikasi berbahaya di ponsel cerdas Android.

Hindari Pemasangan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal

Google Play Store adalah tempat penjelajahan dan pemasangan aplikasi termudah dan teraman. Google menawarkan berbagai macam fitur dan mekanisme keamanan, serta memastikan bahwa aplikasi tersebut aman untuk digunakan. Salah satu mekanisme tersebut adalah Google Play Protect, yang berfungsi untuk memindai aplikasi dari sumber yang tidak dikenal yang berjalan di latar belakang.

Catatan
--> Untuk memeriksa status Play Protect, buka Google Play Store >> tekan Menu >> Play Protect >> Lalu periksa status aplikasi yang terakhir dipindai >> Kemudian centang pada bagian Pindai Perangkat Lunak untuk Mengetahui Ancaman Keamanan dan Tingkatkan Deteksi Apl Berbahaya.

--> Pindai secara berkala untuk mengetahui sumber aplikasi berbahaya.

Lakukan Sideload Saat Diperlukan Saja

Sideloading adalah proses pemasangan aplikasi melalui file APK dari sumber selain Google Play Store. Saat Anda melakukan pencarian aplikasi di sumber lain, perangkat Anda berisiko dari berbagai ancaman keamanan. tetapi ini tidak dilarang bagi Anda yang ingin menggunakannya.

Dampak Baik dan Buruk Melakukan Sideload
--> Menginginkan aplikasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan yang ditargetkan untuk wilayah tertentu.

--> Tidak tersedianya Aplikasi di Play Store karena pembatasan geografis atau kebijakan Google.

--> Masih menginginkan aplikasi versi lama, jika dalam versi baru menemukan banyak bug atau adanya penghapusan fitur yang masih dibutuhkan.

--> Menginginkan aplikasi gratis jika di Play Store berbayar.

--> Mayoritas malware berasal dari luar Play Store. Karena aplikasi yang dikemas ulang (MOD) atau bajakan rentan mengandung kode berbahaya.
Pantau Juga: Tingkatkan Perlindungan Keamanan Ponsel Android Anda dengan 10 AntiVirus Terbaik ini

Periksa Aplikasi yang Belum Diketahui Kualitas Keamanannya di Forum Populer

Aplikasi yang dimodifikasi biasanya menghadirkan beberapa fungsi baru. Pengembang biasanya menambahkan pustaka iklan baru untuk mengubah rute pendapatan iklan mereka. Dalam beberapa kasus, aplikasi-aplikasi tersebut disertakan dengan kode perangkat lunak jahat.

Catatan
--> Sebelum Anda mulai mendownload aplikasi tersebut, alangkah baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu di komunitas populer seperti grup Facebook, Kaskus atau forum XDA untuk mengetahui aplikasi itu apakah aman untuk digunakan.

Gunakan Toko Aplikasi Pihak Ketiga yang Terpercaya

Sering kali dibeberapa toko aplikasi pihak ketiga, kita menemukan aplikasi yang berbahaya untuk digunakan. Karena kurangnya kontrol keamanan, kontrol kualitas dan kebijakan yang kurang ketat dari mereka. Banyak dari pengembang yang tidak memerlukan pendaftaran untuk mengirim aplikasi mereka ke toko aplikasi tersebut, sehingga lebih mudah menemukan aplikasi yang mengandung malware disana.

Gunakanlah toko aplikasi terpercaya dan aman untuk digunakan. Tanpa harus khawatir masalah keamanan dan tentunya dapat di download secara gratis.

Toko Aplikasi Pihak Ketika yang Aman dan Terpecaya
--> F-Droid adalah toko aplikasi Android gratis dan open source. Ini adalah proyek yang dikelola dan dikembangkan oleh berbagai komunitas dan kontributor. Mereka juga memiliki serangkaian kebijakan khusus dan proses pemeriksaan aplikasi yang ketat.

--> APKMirror sebenarnya ini bukan toko aplikasi online, tetapi sebuah proyek perangkat lunak yang hanya mengatur dan menyediakan aplikasi berkualitas tinggi. disini Anda dapat mendownload aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store, aplikasi versi lama dan Modifikasi. APKMirror juga menyertakan kebijakan dan model keamanan yang ketat.

Tinjau Daftar Keterangan Halaman Aplikasi

Memeriksa keterangan halaman aplikasi adalah cara terbaik untuk menyingkirkan aplikasi yang bermasalah. Anda dapat mendeteksi apakah aplikasi tersebut itu aman untuk digunakan.

Catatan
--> Baca Ulasan Aplikasi: Anda dapat melihat dan memperhatikan apa saja yang dikatakan pengguna. Jika tanggapan dan keluhan sebagian besar pengguna, aplikasi tersebut berfungsi dengan baik maka aman untuk dipasang.

--> Baca Deskripsi Aplikasi: Pengembang yang memiliki reputasi yang baik biasanya menjelaskan secara rinci dan komplet, struktur kalimat yang tepat dan tidak ada ejaan yang salah pada deskripsi aplikasi mereka.

--> Lihat jumlah downloadan: Jika Anda melihat banyaknya jumlah downloadan pada aplikasi itu, Anda bisa mempertimbangkannya.

--> Periksa pengembang aplikasi: Jika Anda mempunyai keraguan pada aplikasi itu, Anda dapat memeriksa sumber pengembang aplikasi. Pengembang terpercaya memiliki situs web, informasi tentang aplikasi lain, halaman media sosial, dan rincian kontak.

--> Baca Kebijakan Privasi: Aplikasi yang meminta izin, mengumpulkan dan mengirim data pribadi pengguna harus ada dalam pernyataan kebijakan privasi mereka. Jika tidak ada, Anda patut mencurigainya.

Kata Akhir

Penting untuk selalu waspada terhadap potensi ancaman aplikasi berbahaya. Dengan mengikuti 5 metode di atas, Anda dapat mendeteksi dan menghindari aplikasi mana saja yang mengandung kode berbahaya bagi perangkat Android Anda.

0 Komentar Untuk "Tips Mendeteksi dan Menghindari Aplikasi Berbahaya di Android"

Post a Comment