9 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika HP Terkena Air


Jika Anda pernah Mengalami HP yang basah terkena air, baik itu air hujan, tidak sengaja jatuh ke air kolam, atau terkena cairan lainnya. Anda jangan khawatir, jangan panik dulu, santai saja sembari berharap HP Anda masih bisa diselamatkan. Walaupun Anda menggunakan Smartphone terbaru yang tahan air atau kedap air, tetap saja menjadi masalah. karena itu hanya berlaku di bawah keadaan khusus. Ketahanan telepon terhadap air sering tergantung pada kejernihan air, kedalaman perendaman dan lamanya waktu terendam.


Apabila HP Anda jatuh di kolam atau tidak sengaja terbawa saat berenang, Ambil dan keluarkan secepat mungkin HP Anda yang terkena air itu, semakin lama dalam air maka semakin besar kemungkinan kerusakannya. karena semakin banyak air yang akan merembes ke dalam komponen-komponen telepon Anda. Setelah HP Anda tidak lagi terendam air, ada hal-hal tertentu yang perlu Anda lakukan untuk menghindari dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Berikut cara mengatasi hp kena air hujan atau cara mengatasi hp terendam air itu.

Cara Mengatasi HP Terkena Air atau Terendam Air

  1. Kalau HP Anda masih menyala segera matikan dengan melepas baterai (matikan secepat mungkin untuk mencegah kemungkinan korsleting). Usahakan HP Anda dalam posisi tegak jangan direbahkan.
  2. Lepaskan semua casing pelindung (perhatikan bahwa tidak semua model ponsel bisa memungkinkan untuk dilakukan, jadi lepaskan yang bisa saja). lepaskan kartu SIM dan kartu microSD Anda dari slotnya.
  3. Gunakan kain, kertas atau handuk untuk menyeka HP Anda hingga kering. Hindari menyebarkan air ke sekitarnya atau ke dalam komponen ponsel Anda.
  4. Anda dapat menggunakan Vakum Clenner (jika ada). untuk menyedot air yang terjebak dalam komponen telepon yang lebih sulit di jangkau.
  5. Rendam telepon Anda dalam kantong plastik penuh beras mentah. (Beras sangat bagus untuk menyerap air dan ini sebenarnya metode umum untuk mengeringkan smartphone dan tablet).
  6. Biarkan HP Anda selama satu atau dua hari untuk membiarkannya benar-benar kering. (jangan di utak atik).
  7. Setelah beberapa hari dalam kantong beras, Anda dapat mengeluarkannya dan memasukkan baterai ke dalam telepon lalu menghidupkannya.
  8. Jika HP Anda tidak menyala, coba isi daya baterai, Jika daya baterai tidak mau mengisi kemungkinan baterai Anda rusak. Coba ganti dengan baterai yang lain.
  9. Jika HP Anda masih bisa dihidupkan dan sedang berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus tetap memperhatikan selama beberapa hari ke depan, untuk melihat apakah ada perubahan terhadap telepon Anda. seperti memeriksa speaker dan layar sentuh masih merespons atau tidak.

Tips Menghindari Tindakan Setelah HP Anda Terkena Air atau Terendam Air

Jangan melakukan tindakan seperti ini jika HP Anda terkena air atau kemasukan air. apa saja itu:

  • Jangan menyalakan atau menghidupkan telepon Anda.
  • Jangan menekan tombol apapun (seperti: tombol power, home, dan volume).
  • Jangan goyangkan dan mengetuk-ngetuk telepon Anda.
  • Jangan meniupnya, Hal ini dapat mengirim air ke bagian internal telepon yang belum terkena air.
  • Jangan memanaskannya (termasuk menggunakan hair dryer atau microwave. memanaskan dekat kompor, televisi, atau dibawah sinar matahari).

Meskipun semua itu adalah tindakan yang bermaksud baik, coba tebak? itu adalah pendekatan yang salah. jadi, Anda harus benar-benar menghindarinya.
Simak Juga: Pernah Mengalami Google Play Store Error? Ini Dia Langkah Perbaikannya!

Kata Akhir

Semoga langkah-langkah ini membantu mengatasi HP Anda yang terkena air, kemasukan air atau terendam air dan menyelamatkan dari kerusakan yang lebih parah. Jika Anda ingin melindungi telepon Anda dari air di masa depan, Anda dapat menggunakan casing ponsel tahan air.

0 Response to "9 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika HP Terkena Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel