IBX5980432E7F390 5 Cara Meningkatkan Performa Ponsel Android Model Lama Anda agar tidak Lemot - Dedi Five

5 Cara Meningkatkan Performa Ponsel Android Model Lama Anda agar tidak Lemot

tips meningkatkan kinerja android tipe lama
Bagi Kalian yang masih menggunakan ponsel Android model lama, kemungkinan kinerjanya sudah sangat lelet dan lamban, hal itu memang menyebalkan. tapi jangan khawatir, berikut ini cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat agar tidak lemot.

Bersihkan Semua File Sampah

Menghapus cache atau file sampah adalah cara nomor satu dan paling mudah untuk mempercepat perangkat Android. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3, seperti Clean Master dan Cache Cleaner Du Speed Booster untuk membersihkannya.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Terlalu banyak file media dan aplikasi dapat menyebabkan kelesuan dan berkinerja buruk ketika Memori Internal hampir sepenuhnya diisi. cari dan temukan aplikasi pihak ke 3 yang tidak berguna atau jarang dimainkan lalu hapuslah. untuk menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak terpakai Anda tidak akan bisa menghapusnya kecuali perangkat Android Anda sudah dalam status Rooting.

Memaksimalkan Kinerja Perangkat Android Anda

Beberapa kiat pengoptimalan ini membutuhkan beberapa tindakan sederhana untuk memulai. apa saja yang harus dilakukan, mari kita simak:

  • Pangkas dan Optimalkan Drive Penyimpanan Anda. pastikan Anda memiliki setidaknya 25 persen ruang kosong di ponsel atau tablet Anda. masukkan telepon ke mode pesawat dan tancapkan ke sumber listrik. biarkan pengisian baterai sampai terisi penuh tanpa gangguan.
  • Pindahkan Data dan Cache Aplikasi di memori internal ke slot kartu microSD. tetapi, sebagian besar besar aplikasi tidak bisa dipindahkan ke microSD. jadi, pindahkan yang bisa saja.
  • Aktifkan Opsi Pengembang. untuk Android 4.4 keatas Anda bisa melakukan-nya seperti ini:
    buka pengaturan >> pilih tentang telepon >> cari nomor Build dan ketuk sebanyak tujuh kali (Anda akan menerima pemberitahuan bahwa opsi pengembang telah aktif).
  • NonAktifkan Animasi. masih dalam pengaturan opsi pengembang di bagian ini, ada beberapa fitur yang dapat Anda sesuaikan untuk meningkatkan performa Android Anda. untuk mematikan animasi, gulir ke bawah daftar item dan cari entri untuk menggambar, kemudian nonaktifkan tiga skala animasi tersebut.

Catatan
Semua cara di atas untuk meningkatkan performa android bisa dilakukan tanpa root

Root Perangkat Anda

Jika Anda memiliki perangkat Android yang lebih tua atau yang sudah lama, mungkin Anda tidak dapat memperbarui ke OS yang lebih baru. tetapi dengan melakukan rooting, Anda akan mendapatkan manfaat yang sama seperti halnya Anda mengupgrade OS terbaru. dengan root Anda bisa menginstall Custom ROM, memasang tweak, menghapus aplikasi bawaan dan banyak lagi.

Hapus Bloatware

Bloatware atau yang lebih dikenal sebagai aplikasi bawaan. ini aplikasi yang sudah di sediakan oleh pabrikan. jika Anda ingin membebaskan atau menghemat ruang penyimpanan pada memori internal, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan ini yang dirasa tidak berguna. tetapi bloatware tidak mungkin dapat di hapus tanpa rooting perangkat Anda.

Catatan
Berhati-hatilah ketika menghapus bloatware ini, jangan sampai aplikasi penting ikut terhapus seperti: kontak, pesan, jam dan aplikasi penting lainnya
Pantau Juga: 5 Langkah Mudah untuk Memblokir Semua Jaringan Iklan pada Perangkat Android

Kesimpulan

Tidak semua aplikasi berdampak buruk bagi kinerja perangkat Android Anda. Namun, menemukan beberapa aplikasi yang terpasang dan tidak pernah atau jarang digunakan. dalam hal ini, hapus instalan aplikasi tersebut.

Desain Android memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang tanpa menghabiskan daya pemrosesan. secara teori, aplikasi yang dirancang dengan baik hanya menggunakan sumber daya untuk periode waktu yang singkat. sayangnya, aplikasi yang dirancang dengan buruk memanggil layanan sistem operasi yang dapat menguras baterai dan memperlambat kinerja perangkat Android Anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan kinerja Android tipe lama Anda yang sudah mulai menua agar lebih ringan dan cepat.

0 Komentar Untuk "5 Cara Meningkatkan Performa Ponsel Android Model Lama Anda agar tidak Lemot"

Post a Comment