Lakukan 10 Metode ini, Jika Kamu Mendambakan Baterai Smartphone Tahan Lama

tips menghemat pemakaian baterai di android
Daya baterai perangkat Android memang tidak bisa bertahan lama. karena ia menawarkan begitu banyak fitur media kepada pengguna. seperti p3mut4r4n video, internet, game dan lainnya. di tambah lagi aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga ini jelas sangat menguras baterai Anda, tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat Android Anda bertahan lebih lama. berikut ini 10 cara mudah dan sederhana untuk memastikan bahwa baterai Android Anda tahan lama sepanjang hari.

Redupkan Layar

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghemat daya tahan baterai adalah dengan menurunkan kecerahan layar. kurangi lebih dari 70 persen kecerahan layar jika Anda benar-benar ingin melihat perbedaan.

Gunakan Mode Hemat Daya

Di beberapa tipe perangkat Android telah menyertakan fitur mode power saving. fitur ini termasuk membatasi kinerja maksimum CPU, getaran, layanan lokasi dan mengurangi jumlah daya yang masuk ke layar. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk menghemat pemakaian baterai.

Matikan Mode Getar

Matikan mode bergetar untuk panggilan masuk. ini benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menggetarkan telepon. tentu saja ini dapat menguras daya baterai telepon Anda.

Matikan Koneksi Internet dan GPS

Gunakanlah koneksi internet jika diperlukan saja. kalau ponsel anda tidak melakukan aktivitas seperti browsing, chatting dan lainnya maka matikanlah koneksi data internet Anda. serta nonaktifkan GPS anda karena ini juga dapat menyerap pemakaian energi baterai.

Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis pada akun Google Anda juga menguras pemakaian baterai. karena setiap beberapa menit akun Google akan selalu diperbaharui secara terus-menerus. beberapa aplikasi seperti email biarkan Anda menyegarkannya secara manual saat Anda menjalankannya. jadi, alangkah baiknya Anda menonaktifkan sinkronisasi otomatis ini.
Tinjau Juga: 6 Faktor yang Harus dilakukan jika Kamu Menginginkan Pengisian Baterai Lebih Cepat

Hapus Beberapa Widget dan Aplikasi

Mengisi beranda atau tampilan layar ponsel dengan banyak widget memiliki efek buruk pada masa pemakaian baterai. terutama jika widget itu menyediakan pembaruan konstan dan otomatis (seperti widget Twitter atau Facebook).

Seperti halnya widget, ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang, meskipun Anda tidak membukanya (seperti app antivirus dan pembersih file sampah). jika Anda benar-benar merasa perlu untuk menyimpan aplikasi tersebut, maka Anda harus mempertimbangkannya karena aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menguras daya tahan baterai.

Minimalkan Skala Animasi dan Proses Latar Belakang

Skala animasi juga dapat menguras baterai. Anda dapat meminimalkannya dengan menurunkan atau menonaktifkan tingkat skala animasi.

Masuk Pengaturan >> Opsi Pengembang >> gulir kebawah sampai menemukan Skala Animasi (Anda dapat mengatur ke tiga skala animasi itu menjadi x1). menurunkan tingkat skala animasi tidak hanya meningkatkan masa pakai baterai, tetapi juga meningkatkan kinerja perangkat Android Anda.

Proses latar belakang sejatinya sudah di atur secara default oleh pabrikan. dengan menurunkan proses latar belakang dapat sedikit meningkatkan masa pemakaian baterai Anda.

Untuk meminimalkannya Anda bisa pergi ke Pengaturan >> Opsi Pengembang >> geser ke bawah sampai menemukan Batasi Proses Latar Belakang (Anda bisa merubahnya dari Standar menjadi 2 atau 3 proses).

Kurangi Waktu Kunci Otomatis

Batasi waktu kunci otomatis sesingkat mungkin. karena menggunakan waktu kunci otomatis yang lama akan membuat layar tetap menyala mengikuti durasi kunci otomatis. hal ini dapat mempercepat pengurangan sumber daya baterai Anda.

Hindari Pemasangan Wallpaper Animasi

Wallpaper yang bergerak tentu saja sangat indah untuk dipandang. tetapi tahukah Anda menggunakan wallpaper animasi ini mengambil kekuatan pemrosesan untuk menghidupkan. jadi tentu saja dapat menyerap energi baterai Anda.

Batasi Data Latar Belakang

Batasi aplikasi yang menggunakan data di latar belakang. seperti Google Play Store dan Gmail, aplikasi ini terus mengumpulkan dan mengirim data di latar belakang. sehingga ini sedikit menguras pemakaian baterai Anda.

Masuk Pengaturan >> Penggunaan Data >> Gulir ke bawah dan pilih Aplikasi yang ingin Anda batasi >> Centang pada bagian Batasi Data Latar Belakang.

Catatan
Berhati-hatilah dalam mengatur opsi ini, karena dapat mempengaruhi kinerja aplikasi dan menyebabkannya tidak berfungsi

Kata Akhir

Android benar-benar dirancang untuk memenuhi kebutuhan tingkat tinggi bagi penggunanya. sayangnya daya tahan baterai menjadi masalah klasik pada smartphone ini. untungnya ada hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan tapi kita tetap bisa mengambil manfaat dari kiat-kiat itu.

Jadi, itulah 10 cara mudah dan sederhana menghemat pemakaian baterai di semua tipe Android . jika Anda mempunyai Cara-cara lain silakan berbagi dengan kami.

0 Response to "Lakukan 10 Metode ini, Jika Kamu Mendambakan Baterai Smartphone Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...